A. Hakikat
Pendidikan
sumber: annyssman8.blogspot.com
Istilah pendidikan berasal dari bahasa Yunani yaitu ‘paedagogiek’ yang asal katanya ‘pais’ berarti anak, ‘gogos’ artinya membimbing/tuntutan, dan ‘iek’ artinya ilmu. Jadi secara etimologi, paedagogiek adalah ilmu yang membicarakan cara memberi bimbingan kepada anak
Maka hakikat pendidikan dapat dirumuskan sebagi
berikut :
a.
Pendidikan
merupakan proses interaksi manusiawi yang ditandai keseimbangan antara
kedaulatan subjek didik dengan kewibawaan pendidik
b.
Pendidikan
merupakan usaha penyiapan subjek didik menghadapi lingkungan yang mengalami
perubahan yang semakin pesat
c.
Pendidikan
meningkatkan kualitas kehidupan pribadi dan masyarakat
d.
Pendidikan
berlangsung seumur hidup;Pendidikan merupakan kiat dalam
menerapkan prinsip-prinsip ilmu.
menerapkan prinsip-prinsip ilmu.
1.
Pengertian Pendidikan
Pendidikan adalah usaha sadar dan sistematis yang dilakukan
oleh orang-orang yang diserahi tanggung jawab untuk mempengaruhi peserta didik
agar mempunyai sifat dan tabiat sesuai dengan cita-cita pendidikan.
Mendidik adalah membantu anak dengan
sengaja (dengan jalan membimbing, membantu dan memberi pertolongan) agar ia
menjadi manusia dewasa, susila, bertanggungjawab dan mandiri.
Ø Prinsip dasar tentang pendidikan
yang akan dilaksanakan:
a. Pendidikan
berlangsung seumur hidup;
b. Tanggungjawab
pendidikan merupakan tanggungjawab semua manusia: orangtua, masyarakat, dan
pemerintah;
c. Bagi
manusia pendidikan merupakan suatu keharusan karena dengan pendidikan manusia
akan memiliki kemampuan dan kepribadian yang berkembang yang disebut manusia
seutuhnya.
Pendidikan
pada hakekatnya mencakup kegiatan mendidik, mengajar dan melatih. Oleh karena
itu pendidikan erat kaitannya dengan pengajaran dan pelatihan.
a.
Pendidikan = kegiatan mengolah hati anak didik.
b.
Pengajaran = kegiatan mengolah otak anak didik.
c. Pelatihan = kegiatan mengolah lidah dan tangan anak didik.
Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai usaha
mentransformasikan nilai-nilai. Nilai-nilai yang akan ditransformasikan itu
mencakup nilai-nilai religi, budaya, pengetahuan, teknologi dan keterampilan.
Dalam
kehidupan sehari-hari sering kita dengar istilah pendidikan. Pengertian
tersebut sebagian ada yang mendekati pengertian pendidikan yang sebenarnya, dan
sebagian yang lain melihat Pendidikan hanya dari satu atau sebagian sisi saja. Beberapa
istilah yang hampir sama artinya dengan pengertian pendidikan ialah: mengajar,
membina, melatih, memelihara, dan mengurus anak. Istilah-istilah ini belum
mewakili pengertian pendidikan yang sebenarnya. Mengajar merupakan pemberian
ilmu pengetahuan yang berguna bagi perkembangan potensi kemampuan berpikir
anak. Dalam hal ini, segi kognitif lebih mendapat penekanan dibandingkan
segi-segi potensi yang lain.
Membina
merupakan kegiatan untuk membimbing seseorang dalam perkembangan hidupnya.
Dalam kegiatan ini, ditekankan pada nilai afektif sehingga hasil pembinaannya
dilihat dari perubahan sikap yang dibina. Proses pembinaan dapat dilakukan
lewat pelatihan-pelatihan, kegiatan ekstra kurikuler, dan sebagainya. Berbeda
dari membina yang lebih menekankan pada nilai afektif, maka melatih lebih
menekankan pada nilai psikomotorik. Untuk kegiatan melatih diperlukan
pelaksanaan yang terus menerus sehingga dapat diperoleh keterampilan tertentu.
Oleh karena itu, melatih di sini diartikan sebagai usaha memperoleh
keterampilan. Adapun pengertian memelihara biasanya ditujukan untuk makhluk
lainnya, seperti; hewan dan tumbuh-tumbuhan. Sedangkan mengurus anak, merupakan
suatu perlindungan pada anak agar mampu menjalankan hidupnya seperti yang
diharapkan.
Dengan
demikian pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dalam proses pembelajaran agar anak didik secara aktif dapat
mengembangkan potensi dirinya. Oleh karenanya pendidikan hendaknya
diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan
mengembangkan kreativitas anak dalam proses pembelajaran.
Sebagai
suatu sub-sistem pendidikan dapat digambarkan sebagai berikut:
Sumber:
Munib, Achmad. 2009. Pengantar
Ilmu Pendidikan. Semarang: Unnes Press
http://moshimoshi.netne.net/materi/ilmu_pendidikan/bab_2.htm
http://qoronizumalin.blogspot.com/2011/05/hakekat-pendidikan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar